ANALISIS MANAJEMEN LINGKUNGAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN HOLISTIK MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES MADANI YOGYAKARTA

Main Article Content

Tri Hardi Miftahul Ulum

Abstract

Kampus STIKes madani Yogyakarta dengan segala keterbatasan baik dari segi fasilitas maupun sarana pendukung lainnya yang belum sesuai dengan standar sarana dan prasarana, sekurang-kurangnya memiliki prasarana yang dikelompokkan dalam ruang pembelajaran umum (ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium), ruang penunjang (ruang pimpinan, ruang dosen, ruang tata usaha, ruang beribadah, ruang konseling, klinik, dll), dan ruang pembelajaran khusus (ruang praktik yang disesuaikan dengan mata kuliah) salah satunya adalah ruang praktik kesehatan holistik yang masih banyak kekurangan dibidang perlengkapan alat. Dengan adanya masalah keterbatasan fasilitas di lingkungan kampus STIKes MADANI Yogyakarta dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa yang berakibat terhadap nilai hasil yang tidak maksimal, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata mahasiswa adalah 75,00 pada tahun ajaran 2016/2017 STIKes MADANI Yogyakarta merupakan salah satu kampus tinggi swasta di Yogyakarta yang mengembangkan keilmuan kesehatan holistik pada mahasiswa keperawatan. Pada dasarnya tujuan dari pembelaj aran ini adalah membentuk tenaga kesehatan yang tidak hanya memiliki kemampuan medis saja tetapi juga kemampuan pengobatan non medis sebagai alternatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran manajemen lingkungan belajar dan prestasi belajar pendidikan kesehatan holistik mahasiswa keperawatan STIKes Madani Yogyakarta. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 44 orang mahasiswa yang telah mendapatkan matakuliah holistik islami. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang kemudian diolah menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang paling mendukung adalah dari faktor keluarga, rata-rata prestasi belajar pendidikan kesehatan holistik mahasiswa sangat memuaskan dengan prosentase sebesar 64 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tri Hardi Miftahul Ulum. (2019). ANALISIS MANAJEMEN LINGKUNGAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN HOLISTIK MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES MADANI YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Madani Medika (JKMM), 9(2), 92 - 97. https://doi.org/10.36569/jmm.v9i2.15
Section
Articles