Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan "Booklet Ranting" Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Praktik Ibu dalam Merawati Baduta Stunting
Main Article Content
Abstract
Masa baduta (anak usia bawah dua tahun) merupakan kelompok yang rentan mengalami masalah gizi salah satunya adalah stunting. Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan perawatan yang tepat, terutama praktik pemberian makanan. Pengetahuan tentang perawatan baduta stunting dapat diberikan melalui pendidikan kesehatan dengan berbagai macam media, diantaranya yaitu booklet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan booklet ranting terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam merawat baduta stunting. Penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan pre-post control group design dengan rancangan cross sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan booklet ranting (perawatan stunting) dan variabel terikatnya adalah tingkat pengetahuan, sikap, praktik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah: 30 responden yang terdiri dari 15 kelompok kontrol dan 15 kelompok perlakuan. Intervensi yang dilakukan adalah memberikan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dengan media booklet ranting, sedangkan pada kelompok kontrol hanya dengan metode ceramah. Analisis data penelitian menggunakan independent t-test. Seluruh data berdistrubusi normal, dan hasil uji independent t-test untuk pengetahuan diperoleh nilai p 0.000, sikap nilai p 0.003, dan praktik nilai p 0.001. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan booklet ranting efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam merawat baduta stunting.