Parenting Education Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Sekolah di Masa Pandemi Covid_19

Main Article Content

Dyah Muliawati

Abstract

Kasus kekerasan terhadap anak selama pandemi covid-19 tetap tinggi, bahkan cenderung meningkat pada kekerasan fisik. Kekerasan yang dilakukan terhadap anak yaitu semua bentuk tindakan yang dapat membuat sakit fisik, mental, spiritual dan sosial. Parenting education dapat menjadi solusi sebagai pencegahan kekerasan terhadap anak Sekolah Dasar pada masa pandemic covid-19. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh parenting education terhadap kekerasan pada anak di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yaitu pre-exsperimental design dengan pendekatan one group pretest postest design. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 60 responden (30 responden anak dan 30 responden ibu). Penelitian di SD Muhammadiyah Macanan Kecamatan Ngemplak Sleman pada Bulan Agustus - November 2020. Pengumpulan data dengan kuesioner Indonesian Child Abuse Tool Children’s (ICAST-C) dan kuesioner tingkat pengetahuan Ibu. Hasil penelitian menyatakan bahwa Angka probabilitas 0,000<0,05 dengan demikian maka H0 ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Angka korelasi variabel tingkat pengetahuan tentang kekerasan terhadap anak dan variabel kejadian kekerasan terhadap anak sebesar -0,391. Hal ini menunjukkan semakin baik tingkat pengetahuan tentang kekerasan terhadap anak maka semakin kurang/rendah kejadian kekerasan terhadap anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles